Kamis, 05 Juli 2012

Panda Jadi-jadian Berkeliaran di London

Daily Mail
London, Sekitar 108 ekor 'panda' berkeliaran di jalanan dan sejumlah fasilitas transportasi bawah tanah di ibukota London, Inggris. Loh?! Panda ini bukan sungguhan melainkan orang-orang yang mengenakan kostum panda. Aksi ini dilakukan dalam rangka kampanye pelestarian hewan yang mulai langka ini.

Panda jadi-jadian ini memenuhi area Trafalgar Square yang ada di pusat kota London. Lucunya, mereka sempat memperagakan tai-chi bersama-sama. Para 'panda' ini kemudian menyebar ke fasilitas kereta bawah tanah yang ada di Charing Cross, London, dan mereka juga sempat menyeberang jalan bersama-sama.

Tentu saja hal tersebut memancing senyum dan tawa warga London. "Panda-panda" ini kemudian berkumpul di sebuah pesta yang digelar di Convent Garden. Acara tersebut digelar untuk pertama kalinya dalam rangka Pekan Kesadaran Panda alias Panda Awareness Week.

Perhelatan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kepedulian terhadap spesies hewan berwarna hitam-putih yang termasuk dalam daftar hewan langka di dunia. Selain itu, juga dalam rangka mempromosikan pusat pelestarian panda di China, yakni Chengdu Panda Base.

"Panda-panda" ini juga sempat mengunjungi sekolah-sekolah untuk mengkampanyekan pelestarian panda kepada anak-anak. Kunjungan tersebut dilakukan bersama seorang aktivis binatang yang juga perwakilan dari Chengdu Panda Base, Nigel Marven.

"Panda tergolong susah untuk dikembangbiakkan dalam penangkaran, tapi pusat pelestarian Chengdu dan sejumlah kebun binatang lainnya di seluruh dunia berhasil mengatasi masalah ini dan sekarang terdapat sekitar 400 penangkaran untuk panda. Ini adalah kisah pelestarian yang sukses," terang Marven, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (5/7/2012).

Dengan adanya kampanye ini, Marven berharap agar kepedulian warga terhadap panda bisa meningkat. Begitu pula dengan kepedulian terhadap habitat asli mereka demi menjaga populasi panda dari kepunahan.

(nvc/ita) Sumber Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar